Versi Indonesia
Teknologi Informasi
Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). ". Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika, ''Cloud Computing'', sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.
Sejarah
Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.
Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.
Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.
Informasi umum
TI melakukan berbagai fungsi (TI Disiplin/Kompetensi) dari meng-instal Aplikasi untuk merancang jaringan komputer dan Database informasi. Beberapa tugas yang TI lakukan mungkin termasuk manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database dan desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan. Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh dari konvensional komputer pribadi dan teknologi jaringan, dan lebih ke dalam integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi, yang meningkatkan permintaan untuk pekerjaan .
Di masa lalu, para (Dewan Akreditasi untuk Engineering dan Teknologi) dan Asosiasi untuk mesin komputasi telah bekerjasama untuk membentuk akreditasi dan standar kurikulum untuk program degrees di Teknologi Informasi sebagai bidang studi dibandingkan dengan Ilmu Komputer and Sistem Informasi. SIGITE (Special Interest Group for IT Education) adalah kelompok kerja ACM untuk mendefinisikan standar ini. Pendapatan layanan TI di seluruh dunia sebesar $ 763.000.000.000 di tahun 2009.
Pertumbuhan dan kapasitas teknologi
Hilbert dan Lopez mengidentifikasi kecepatan eksponensial perubahan teknologi (semacam hukum Moore): mesin 'aplikasi-spesifik untuk menghitung kapasitas informasi per-kapita memiliki sekitar dua kali lipat setiap 14 bulan antara 1986-2007; kapasitas per-kapita di dunia komputer tujuan umum telah dua kali lipat setiap 18 bulan selama dua dekade yang sama, kapasitas telekomunikasi global per-kapita dua kali lipat setiap 34 bulan; kapasitas penyimpanan dunia per kapita yang dibutuhkan sekitar 40 bulan untuk menggandakan (setiap 3 tahun); dan informasi siaran per kapita telah dua kali lipat sekitar setiap 12,3 tahun.Penerapan TIK dalam Pendidikan di Indonesia
Indonesia pernah menggunakan istilah telematika (telematics) untuk arti yang kurang lebih sama dengan TIK yang kita kenal saat ini. Encarta Dictionary mendeskripsikan telematics sebagai telecommunication + informatics (telekomunikasi + informatika) meskipun sebelumnya kata itu bermakna science of data transmission. Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk salah satunya bidang pendidikan. Ide untuk menggunakan mesin-belajar, membuat simulasi proses-proses yang rumit, animasi proses-proses yang sulit dideskripsikan sangat menarik minat praktisi pembelajaran. Tambahan lagi, kemungkinan untuk melayani pembelajaran yang tak terkendala waktu dan tempat juga dapat difasilitasi oleh TIK. Sejalan dengan itu mulailah bermunculan berbagai jargon berawalan e, mulai dari e-book, e-learning, e-laboratory, e-education, e-library, dan sebagainya. Awalan e bermakna electronics yang secara implisit dimaknai berdasar teknologi elektronika digital. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di Indonesia telah memiliki sejarah yang cukup panjang. Inisiatif menyelenggarakan siaran radio pendidikan dan televisi pendidikan merupakan upaya melakukan penyebaran informasi ke satuan-satuan pendidikan yang tersebar di seluruh nusantara. Hal ini adalah wujud dari kesadaran untuk mengoptimalkan pendayagunaan teknologi dalam membantu proses pembelajaran masyarakat. Kelemahan utama siaran radio maupun televisi pendidikan adalah tidak adanya feedback yang seketika. Siaran bersifat searah yaitu dari narasumber atau fasilitator kepada pembelajar. Introduksi komputer dengan kemampuannya mengolah dan menyajikan tayangan multimedia (teks, grafis, gambar, suara, dan gambar bergerak) memberikan peluang baru untuk mengatasi kelemahan yang tidak dimiliki siaran radio dan televisi. Bila televisi hanya mampu memberikan informasi searah (terlebih jika materi tayangannya adalah materi hasil rekaman), pembelajaran berbasis teknologi internet memberikan peluang berinteraksi baik secara sinkron (real time) maupun asinkron (delayed). Pembelajaran berbasis Internet memungkinkan terjadinya pembelajaran secara sinkron dengan keunggulan utama bahwa pembelajar maupun fasilitator tidak harus berada di satu tempat yang sama. Pemanfaatan teknologi video conference yang dijalankan dengan menggunakan teknologi Internet memungkinkan pembelajar berada di mana saja sepanjang terhubung ke jaringan komputer. Selain aplikasi unggulan seperti itu, beberapa peluang lain yang lebih sederhana dan lebih murah juga dapat dikembangkan sejalan dengan kemajuan TIK saat ini.Buku Elektronik
Buku elektronik atau e-book adalah salah satu teknologi yang memanfaatkan komputer untuk menayangkan informasi multimedia dalam bentuk yang ringkas dan dinamis. Dalam sebuah e-book dapat diintegrasikan tayangan suara, grafik, gambar, animasi, maupun movie sehingga informasi yang disajikan lebih kaya dibandingkan dengan buku konvensional. Jenis e-book paling sederhana adalah yang sekedar memindahkan buku konvensional menjadi bentuk elektronik yang ditayangkan oleh komputer. Dengan teknologi ini, ratusan buku dapat disimpan dalam satu keping CD atau compact disk (kapasitas sekitar 700MB), DVD atau digital versatile disk (kapasitas 4,7 sampai 8,5 GB) maupun flashdisk (saat ini kapasitas yang tersedia sampai 16 GB). Bentuk yang lebih kompleks dan memerlukan rancangan yang lebih cermat misalnya pada Microsoft Encarta dan Encyclopedia Britannica yang merupakan ensiklopedi dalam format multimedia. Format multimedia memungkinkan e-book menyediakan tidak saja informasi tertulis tetapi juga suara, gambar, movie dan unsur multimedia lainnya. Penjelasan tentang satu jenis musik misalnya, dapat disertai dengan cuplikan suara jenis musik tersebut sehingga pengguna dapat dengan jelas memahami apa yang dimaksud oleh penyaji.E-learning
Beragam definisi dapat ditemukan untuk e-learning. Victoria L. Tinio, misalnya, menyatakan bahwa e-learning meliputi pembelajaran pada semua tingkatan, formal maupun nonformal, yang menggunakan jaringan komputer (intranet maupun ekstranet) untuk pengantaran bahan ajar, interaksi, dan/atau fasilitasi. Untuk pembelajaran yang sebagian prosesnya berlangsung dengan bantuan jaringan internet sering disebut sebagai online learning. Definisi yang lebih luas dikemukakan pada working paper SEAMOLEC, yakni e-learning adalah pembelajaran melalui jasa elektronik. Meski beragam definisi namun pada dasarnya disetujui bahwa e-learning adalah pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi elektronik sebagai sarana penyajian dan distribusi informasi. Dalam definisi tersebut tercakup siaran radio maupun televisi pendidikan sebagai salah satu bentuk e-learning. Meskipun radio dan televisi pendidikan adalah salah satu bentuk e-learning, pada umumnya disepakati bahwa e-learning mencapai bentuk puncaknya setelah bersinergi dengan teknologi internet. Internet-based learning atau web-based learning dalam bentuk paling sederhana adalah website yang dimanfaatkan untuk menyajikan materi-materi pembelajaran. Cara ini memungkinkan pembelajar mengakses sumber belajar yang disediakan oleh narasumber atau fasilitator kapanpun dikehendaki. Bila diperlukan dapat pula disediakan mailing list khusus untuk situs pembelajaran tersebut yang berfungsi sebagai forum diskusi. Fasilitas e-learning yang lengkap disediakan oleh perangkat lunak khusus yang disebut perangkat lunak pengelola pembelajaran atau LMS (learning management system). LMS mutakhir berjalan berbasis teknologi internet sehingga dapat diakses dari manapun selama tersedia akses ke internet. Fasilitas yang disediakan meliputi pengelolaan siswa atau peserta didik, pengelolaan materi pembelajaran, pengelolaan proses pembelajaran termasuk pengelolaan evaluasi pembelajaran serta pengelolaan komunikasi antara pembelajar dengan fasilitator-fasilitatornya. Fasilitas ini memungkinkan kegiatan belajar dikelola tanpa adanya tatap muka langsung di antara pihak-pihak yang terlibat (administrator, fasilitator, peserta didik atau pembelajar). ‘Kehadiran’ pihak-pihak yang terlibat diwakili oleh e-mail, kanal chatting, atau melalui video conference.Bahasa pemrograman
Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
- Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
- Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
- Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
- Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.
Daftar istilah Internet Indonesia
Istilah Internet Indonesia adalah istilah-istilah yang diserap dari bahasa asing karena kemajuan teknologi internet. Mayoritas istilah-istilah tersebut adalah berasal dari bahasa Inggris Amerika, karena dipandang memiliki kekayaan kosakata internet yang paling luas.Terjemahan
Terjemahan istilah-istilah internet dan komputer seringkali menyisakan kesulitan sendiri bagi para ahli bahasa dikarenakan ilmu komputer dan internet merupakan teknologi baru yang terus menerus berkembang dan menciptakan istilah-istilah baru yang sebelumnya tidak pernah dikenal dalam ilmu linguistik. Oleh karena itu tidak jarang terjemahan langsung suatu istilah terasa janggal untuk diucapkan maupun ditulis. Sebagai contoh istilah cookie terasa janggal bila diterjemahkan menjadi 'roti' dalam bahasa Indonesia. Penerjemah-penerjemah harus berusaha sesetia mungkin dengan makna aslinya dengan tidak membuat padanan istilah yang tidak akan dipakai oleh pengguna-pengguna yang terbiasa dengan istilah di dalam bahasa lain.Banyak dari istilah-istilah internet dan komputer yang memiliki sejarah panjang yang membuat makna kata sesungguhnya kabur, sebagai contoh adalah nama-nama merek terkenal yang seringkali mengambil dari kosakata bahasa di mana perusahaan tersebut berada. Dengan demikian, istilah-istilah yang sudah bercampur dengan kebudayaan dan sejarah suatu bangsa akan semakin sulit diterjemahkan ke dalam budaya yang sama sekali berlainan dan tidak memiliki sejarah internet dan komputer yang sama panjangnya. Sebagai contoh dalam hal ini adalah istilah desktop sama sekali tidak ada hubungannya dengan 'meja' ataupun 'permukaan' di dalam bahasa Indonesia.
Perhatikan bahwa tidak semua istilah dalam artikel ini merupakan istilah resmi seperti yang ditetapkan pemerintah Indonesia.
Istilah internet
- about = ihwal, perihal, mengenai, tentang
- account = akun
- admin = administrator
- attachment = lampiran
- bandwidth = lebar pita
- bookmarks = tandai, beri markah, markah buku
- broadband = pita lebar, jalur lebar
- browser = peramban, penjelajah
- bulletin board = papan buletin
- captcha = pemeriksaan keamanan untuk menghindari spam otomatis
- carbon copy/cc (e-mail) = tembusan
- chat = obrol, obrolan, rumpi
- crash = bertabrakan (biasa untuk perangkat lunak/keras bermasalah)
- collission = tabrakan data
- connection = sambungan
- copy = salin, kopi, ganda
- cut = potong
- cyberspace = dunia maya
- database = pangkalan data, basis data
- delete/del = hapus
- device = perangkat
- domain = ranah
- download = unduh, ambil data, muat turun
- edit = sunting, ubah
- e-mail = imel, ratel / surel / surat-e (surat elektronik), posel (pos elektronik), surat digital
- forward/fwd (e-mail) = terusan
- hacker = peretas, pemodifikasi data, perusak sistem
- home = beranda
- homepage = laman
- hosting = hosting
- interferensi = gangguan signal (berkaitan dengan sinyal nirkabel)
- install = instalasi, pasang
- interface = antarmuka
- keyword = kata kunci
- lag = lambat
- link = taut, kait, pautan, pranala
- load = muat
- login / log on = log masuk, masuk log, lihat sign in
- logout / log off = log keluar, keluar log, lihat sign out
- network = jaringan
- newsgroup = kelompok warta, kelompok diskusi
- mailing list = milis, senarai, forum ratel
- network = jaringan
- networking = jejaring
- offline = luring (luar jaringan), tidak terhubung, terputus
- online = daring (dalam jaringan), terhubung, tersambung
- passphrase = frasa sandi, kalimat sandi
- password = kata sandi
- paste = tempel, rekatkan
- preview = pratayang, pratonton, pratilik
- internet service provider = penyelenggara jasa internet
- save = simpan
- scan = pindai
- setting = pengaturan
- server = peladen
- share / sharing = berbagi
- sign in / sign on = catat masuk, lihat login
- sign out / sign off = catat keluar, lihat logout
- site = situs
- surfing = berselancar, selancar maya
- update = pemutakhiran, pembaruan
- upload = unggah, muat naik
- user = pengguna
- username = nama pengguna
- virtual reality = realitas maya
- webpage = halaman web
- website = situs web
- wireless = nirkabel
Komputer
Keakuratan artikel ini diragukan dan
artikel ini perlu diperiksa ulang dengan mencantumkan referensi yang
dapat dipertanggungjawabkan. |
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
Daftar isi |
Jenis
Sekalipun demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer modern, sifat mereka yang paling penting yang membedakan mereka dari alat menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun (meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang akan kita ciptakan pada masa depan (meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan ini adalah tes yang berguna karena mengenali komputer "maksud umum" dari alat maksud istimewa yang lebih awal. Definisi dari "maksud umum" bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turing universal. Mesin yang mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama mereka muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran untuk lebih banyak detail periode ini.Komputer benam
Pada sekitar 20 tahun yang lalu , banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video, PDA dan banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, dan alat elektronik lain, semua berisi sirkuit elektronik yang seperti komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung di dalam chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Komputer maksud khusus lainnya secara umum dikenal sebagai "mikrokontroler" atau "komputer benam" (embedded computer). Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi bagian dari sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa diubah untuk berbagai maksud oleh pemakai tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka utama, minikomputer, dan komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yang mendapat definisi ini.Komputer pribadi
Komputer pribadi atau personal computer (PC) adalah istilah untuk komputer yang dikenal dan diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer lainnya. Hanya orang-orang tertentu saaja yang memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang lebih spesifik dan tepat.Bagaimana komputer bekerja
Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan pada awal 1940-an oleh John von Neumann.Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"
Memori
Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat - dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.
Pemrosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Berkas:CPU with pins.jpg
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata.
Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain).
Masukan dan hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, pencetak, pemindai, dan sebagainya.Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai perintah sederhana dalam jumlah terbatas yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345".Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Unit Pemroses Sentral atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat UPS. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka mempunyai beberapa UPS dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.
Program
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 miliar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, pemrogram. "Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai tugas ganda. Pada kenyataannya, UPS melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, UPS beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu UPS di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikanSistem operasi
Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer, setelah bertahun-tahun, pemrogram akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi.Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (penggerak) yang membolehkan pemrogram untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.
Penggunaan komputer
Komputer digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya. Komputer pada masa itu umumnya digunakan untuk mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan Hidroelektrik besar. Selain itu juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan banyak koleksi data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia - misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisis mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server.
Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang matematika dengan lembatang sebar, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain.
Sekaligus, komputer kecil, biasanya dengan mengatur memrogram, mulai menemukan cara mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan perlengkapan industri. Yang ini prosesor benam menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah, membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan anti-kunci rem di mobil). Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat listrik, kebanyakan bentuk angkutan bertenaga, dan kebanyakan batas produksi pabrik dikuasai di samping komputer. Kebanyakan insinyur meramalkan bahwa ini cenderung kepada akan terus.
Bagian-bagian komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).Perangkat keras
- Pemroses atau CPU sebagai unit yang mengolah data
- Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
- Hard drive, media penyimpanan semi permanen
- Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh UPS, seperti mouse, keyboard, dan tablet
- Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor,speaker,plotter,proyektor dan printer
Perangkat lunak
- Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software. - Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
Slot pada komputer
- ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
- AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
- IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
- USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)
Machine language, providing commands to the computer by using the language of binary code, for example 01100101100110
Low level languages, or known as assembly language (Assembly bah.Inggris), which gives orders to the computer by using a short code (mnemonic code), for example, MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, etc..
Intermediate language, the language of computers that use a mixture of instruction in the words of human language (see example below the High Level Language) and the instructions that are symbolic, such as {,},?, <<, >>, &&, | |, etc..
High level language, which is a computer language that uses elements of the instruction comes from the words of human language, for example, begin, end, if, for, while, and, or, etc..Most programming languages are classified as high-level language, C language is only classified as Intermediate Language and Assembly Language Level is Low.Internet glossary IndonesiaIndonesia Internet terms are terms that are absorbed from foreign languages because of advances in Internet technology. The majority of these terms are derived from American English, because it has a rich vocabulary is considered the most extensive internet.TranslationTranslation of the terms Internet and the computer itself often remains difficult for linguists and computer science because the internet is a new technology is constantly evolving and creating new terms not previously been known in the science of linguistics. It is therefore not a direct translation of a term rarely seem odd to say or write. For example, cookies seem odd if the term is translated as 'bread' in Indonesian. Translators should try sesetia probably related to the original by not making the equivalent of the term will not be used by users who are familiar with the term in another language.Many of the terms Internet and a computer that has a long history of making sense of the word actually blurred, for example, is well-known brand names that often take away from the vocabulary of the language in which the company is located. Thus, the terms that have been mixed with the culture and history of a nation will be increasingly difficult to translate into a completely different culture and had no history of internet and computers are the same length. For example, in this case is the term desktop absolutely nothing to do with the 'table' or 'surface' in the Indonesian language.Note that not all the terms in this article are the official terms as set by the government of Indonesia.The term internet
about = the particulars, concerning, regarding, about
account = account
admin = administrator
attachment = attachment
bandwidth = bandwidth
bookmarks = mark, give landmarks, landmark books
= broadband broadband broadband
browser = browser, explorer
bulletin board bulletin board =
captcha = security checks to prevent automated spam
carbon copy / cc (e-mail) = copy
chat = chat, chat, chat
crash = collide (common for software / hardware problem)
collission = collisions
connection = connection
copy = copy, copies, double
cut = cut
= the virtual world of cyberspace
database = database, the database
delete / del = delete
device = device
domain = domain
download = download, grab the data, load down
edit = edit, change
e-mail = email, Ratel / email / e-mail (electronic mail), posel (electronic mail), digital letters
forward / fwd (e-mail) = canal
hacker = hacking, modifying the data, the destroyer of the system
home = home
homepage = page
hosting = hosting
interference = interference signal (associated with the wireless signal)
install = install, plug
interface = interface
keyword = keyword
lag = slow
link = link, hook, coherence, links
load = load
log in / log on = log log, log, see the sign in
log out / log off = log out, log out, see the sign out
network = network
= newsgroup news groups, discussion groups
mailing list = mailing lists, listings, forums Ratel
network = network
networking = networking
offline = offline (outside the network), not connected, disconnected
online = online (in network), connected, connected
passphrase = passphrase, a pass phrase
password = password
paste = sticky, glue
preview = preview, pratonton, preview
= internet service provider internet service providers
save = save
scan = scan
setting = setting
server = waiter
share / share = share
sign in / sign-on = record entry, see the log
sign out / sign off = notes come out, see the logout
site = site
surf = surf, surfing cyberspace
update = updates, updates
upload = upload, load up
user = user
username = username
= virtual reality virtual reality
webpage = webpage
website = website
wireless = wirelessComputer
Doubt the accuracy of this article and this article needs to be reexamined by including a reference that can be accounted for.Personal computer parts.1: Monitor2: Board the parent3: Processing4: Slot ATA5: Random Access Memory (MAA)6: PCI Slot7: Power Supply8: Place the optical disc9: hard discs10: Keyboard11: MouseComputers are tools used to process the data according to procedures that have been formulated. Said the computer was originally used to describe people who perkerjaannya perform arithmetic calculations, with or without a walker, but the word is then transferred to the machine itself. Originally, the processing of information is almost exclusively related to arithmetical problems, but modern computers are used for many tasks unrelated to mathematics.In the sense that there are tools such as slide rules, mechanical calculators kind of abacus and so on, until all of the contemporary electronic computers. The term better suited to a broad sense as "computer" is "information processing" or "information processing systems." Over the years there have been several different meanings in the word "computer", and several different word is now called called a computer.The word computer once commonly used to define people who perform arithmetic calculations, with or without auxiliary engine. According to the Barnhart Concise Dictionary of Etymology, the word is used in English in 1646 as the word for "people who count" and before 1897 is also used as a "mechanical calculators." During World War II, the word refers to the workers of the United States and British women who work to calculate the path of artillery warfare with the cash register.Charles Babbage designed one of the first calculating machine called the analytical engine. In addition, a variety of simple machine tools such as the slide rule can also be regarded as a computer.Table of contentsTypeGlobal Digital Divide1.pngNevertheless, the above definition includes many specialized tools that can only account for one or several functions. When considering the modern computer, their most important properties that distinguish them from earlier computing devices is that, with the right programming, any computer can emulate any nature (though perhaps limited by storage capacity and speed are different), and, indeed believed that the machine can now mimic the computing devices we invent the future (though undoubtedly more slowly). In a sense, these limits is a useful test for the computer to recognize "common purpose" of special-purpose devices earlier. The definition of "general intent" can be formalized into a requirement that a machine should be able to emulate a universal Turing machine. The machine that this definition is known as a Turing-complete, and that they first appeared in 1940 in the midst of developments around the world. See the history of computing article for more details of this period.Embedded ComputerIn about 20 years ago, many household items, especially including the panel of video games but also includes cell phones, video cassette recorders, PDAs and many in the household, industrial, automotive, and other electronic devices, all of which contain electronic circuits such as qualified computer in the Turing-complete (with a note that the program of these tools are often made directly in the ROM chip that will need to be replaced to change the programming of the machine). Other special purpose computers commonly known as a "microcontroller" or "computer unders" (embedded computer). Therefore, many of which restrict the definition of a computer to devices whose primary purpose is processing information, rather than being part of a larger system such as telephone, microwave oven, or a plane, and can be modified for various purposes by the user without physical modification. Mainframe computers, minicomputers and personal computers (PCs) are the main types of computers this definition.The personal computerThe main article for this section are: personal computersPersonal computer or personal computer (PC) is a term for a computer, known and unknown people in general, so many people who are unfamiliar with the forms of other computers. Only certain people who use the term saaja exclusively to indicate terms that are more specific and precise.How a computer worksWhile the technologies used in digital computers have changed dramatically since the first computers in the 1940's (see History of the hardware count for more detail), most still use the von Neumann architecture, proposed in the early 1940s by John von Neumann .Von Neumann architecture describes a computer with four main sections: Arithmetic and Logic Unit (ALU), control unit, memory, and input and output devices (collectively termed I / O). This section is connected by a wire beam, "bus"MemoryRAM memory modulesIn this system, memory is a sequence of numbered (such as "cell" or "pigeon holes"), each containing a small piece of information. This information may be a command to tell the computer what to do. Cells may contain the data necessary to perform a command computer. Each slot may contain one, and what is now the data may then be a command.A memory storing various forms of information as binary numbers. The information will not be resolved binary form (encoded) by the number of instructions that turns it into a sequence of numbers or figures. For example: The letter F is stored as a decimal number 70 (or binary) using one method of solving. More complex instructions that can be used to store pictures, sound, video, and various kinds of information. The information can be stored in a single sell is called a byte.In general, memory can be rewritten over a million times - the memory can be likened to a blackboard and chalk that can be written and erased again, rather than a legal pad with a pen that can not be removed.The size of each cell, and cell numbers, a great change from computer to computer, and technology in manufacturing has changed a great memory - from electromechanical relays, to a tube filled with mercury (and later springs) in which the acoustic pulse is formed, until the permanent magnet matrix, to each transistor, the integrated circuits with millions of transistors on a silicon chip.ProcessingCentral Processing Unit or CPU plays a role for the process of landing, hypothetic implement and manage information passes menerusi computer system. Processing unit or device will also communicate with the device input, output and storan to carry out related directives.Image: CPU with pins.jpgExample of a CPU in a Ball Grid Array package (BGA) is displayed upside down with her legs showing.In the original von Neumann architecture, he explains an Arithmetic and Logic Unit, and a Control Unit. In modern computers, the unit is located in a single integrated circuit (IC - Integrated Circuit), which is usually called a CPU (Central Processing Unit).Arithmetic and Logic Unit, or Arithmetic Logic Unit (ALU), is a tool that performs basic implementation such as the implementation of arithmetic (addition, subtraction, and the like), the implementation of the logical (AND, OR, NOT), and the execution of comparisons (eg, compare the content as much as two slots for equality). This unit is made "real work".The control unit stores the current instruction is done by computer, instruct the ALU to perform and retrieving information (from memory) required to perform it, and move back the results to the appropriate memory location. Once that happens, the control unit goes to the next (usually placed in the next slot, unless the instruction is a jump instruction that tells the computer that the next command is placed in another location).Input and outputI / O allows the computer to get information from the outside world, and put his work there, can the physical form (hardcopy) or non-physical (softcopy). There is a wide range of I / O, from the familiar keyboard, monitor and disk drive, to the more unusual such as a webcam (web camera, printer, scanner, and so forth.Owned by all the usual input devices is that they encode (convert) information from a range into which the data can be further processed by a digital computer system. Instrument output, decode the data into information that can be understood by computer users. In this sense, the digital computer system is an example of a data processing system.InstructionsCommands discussed above is not a command such as human language. The computer has only a simple command in a limited number of well-defined. Common commands that are understood most computers are "copy the contents of cell 123, and place copies in the cell 456", "add the contents of cell 666 to cell 042, and place the result in cell 013", and "if the contents of cell 999 are 0, the next command you in 345 cells. "Instructions are represented within the computer as a number - code for "copying" may be 001, for example. The particular instruction set that is supported by a particular computer is known as machine language. In practice, people usually do not write instructions for computers directly in machine language but rather using a programming language "high level" which is then translated into machine language automatically by special computer programs (interpreters and compilers). Some programming languages closely related to machine language, such as assembler (low-level languages); on the other hand, languages such as Prolog based on abstract principles that are far from the actual implementation details of the engine (high-level language)ArchitectureContemporary computers put the ALU and control unit into a single integrated circuit known as the Central Processing Unit or CPU. Typically, computer memory is placed on top of a small integrated circuits near the UPS. Tool that occupies most of the computer's mass is either ancilliary systems (for example, to provide electrical power) or I / O.Some larger computers differ from the above model in one major respect - they have some of the UPS and control unit that works together. Moreover, several computers, used largely for the purpose of research and scientific computing, have differed significantly from the above model, but they have found little commercial use.Functions of the computer is actually quite simple in principle. The computer fetches instructions and data from its memory. The instructions are executed, the results are stored, and the next instruction is fetched. This procedure is repeated until the computer is turned off.ProgramThe computer program is a great list of instructions for the computer, perhaps with the data in the table. Many computer programs contain millions of orders, and many of the commands are executed repeatedly. A typical modern personal computer (in 2003) can execute around 2-3 billion instructions per second. Computers do not gain their extraordinary capabilities through the ability to execute complex instructions. However, they do millions of simple instructions arranged by clever people, programmers. "Good programmers develop sets of commands to perform common tasks (for example, draw a dot on the screen) and then make those sets of instructions available to other programmers." Today, most computers seem to do several programs at once. This is usually referred to as a double duty. In fact, UPS executes instructions from one program, then after a while, the UPS switches to the second program and do some command. Small interval of time is often referred to as time slices (time-slice). This raises an imaginary double folding program conducted in conjunction with providing the UPS in the program. This is similar to how the movie is a series of lightning just still frame. The operating system is a program that usually controls this time sharingOperating systemThe operating system is a sort of useful code snippets. As a kind of computer code can be used together by a wide-range of computer programs, after many years, programmers finally menmindahkannya into the operating system.Operating system, determine which program is run, when, and where the tools (such as memory or I / O) that they use. The operating system also provides services to other programs, such as code (driver) that allows programmers to write programs for a machine without needing to know the details of all electronic devices are connected.The use of computerThe children are learning with the teacher's computer use.The first digital computer, are large and costly to manufacture. Computers in those days commonly used for doing scientific calculations. ENIAC, the U.S. early computers originally designed to take into account ballistics tables for weapons (artillery), calculate the density of neutron cross-section to see if a hydrogen bomb would work properly (this calculation, conducted in December 1945 until January 1946 and involved dala in more than one million punch cards, and then show the form under consideration would fail). CSIR Mk 1/CSIRAC, Australia's first computer, evaluated rainfall patterns for the catchment of the Snowy Mountains, a large Hydroelectric generation projects. It is also used in cryptanalysis, for example, the first digital electronic computer, Colossus, built during World War II. However, early visionaries also think that it will allow programming to play chess, moving images and other uses.People in government and large companies also use computers to automate the data collection and many tasks previously done by humans - for example, maintain and update accounts and inventory. In the field of education, scientists in various fields began using computers for their own analysis. Decline in computer prices to make them can be used by smaller organizations. Businesses, organizations, and governments often use very many small computers to complete tasks that were once performed by main frame computers are expensive and bulky. A collection of smaller computers at one site as submitted to the server farm.With the invention of the microprocessor in the 1970s, became possible to produce a very low-cost computers. PCs are becoming popular for many tasks, including keeping books, writing and printing documents. The calculation of forecasts and other repetitive math with lembatang scatter, related to e-mail and, the Internet. However, the widespread availability of computers and easy customization has seen them used for many other purposes.Simultaneously, a small computer, usually by adjusting the programming, started finding their way into other devices such as home appliances, automobiles, airplanes, and industrial equipment. Embedded processors which are controlled behavior of such devices easier, allowing more complex control behavior (for events, development of anti-lock brakes in cars). When the twenty-first century begins, most electrical devices, most forms of powered transport, and most factory production lines are controlled by computers. Most engineers predicted that this trend will continue.Computer partsThe computer consists of two parts of the software (the software) and hardware (hardware).Hardware
Processors or CPU as the data processing unit
RAM memory, a place to store temporary data
Hard drive, semi-permanent storage media
Input devices, media used to enter data to be processed by the UPS, such as mouse, keyboard, and tablet
Output device, the media used to display the output of the CPU processing, such as monitors, speakers, plotters, projectors and printersSoftware
Operating system
Basic program on a computer that connects users with computer hardware. Commonly used operating systems are Linux, Windows, and Mac OS. Task of operating systems including (but not only) to set the executable program on it, the coordination of input, output, processing, memory, and software installation.
The computer program
An additional application is installed in accordance with its operating systemSlot on the computer
ISA / PCI slot for additional input non-graphics card
AGP / PCIe, input slot for additional graphics card
IDE / SCSI / SATA, slots for hard drives / ODD
USB media input slots for plug-and-play (plug and play, meaning that devices can be connected directly to a computer and can be used)
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar